Meike Blog

Blog ini sebagai tempat aku menyimpan catatan perjalananku,curahan hatiku, tempat aku mengekspresikan diriku, tempat aku bercerita, entah dengan kata-kata atau dengan DIAM sekalipun...

Senin, 03 Agustus 2009

Sekolah Gratis, Solusikah atau Masalah???

Terbersit saja untuk menulis tentang sekolah gratis yang saat ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan, entah itu ditelevisi, radio maupun berupa spanduk yang dipajang disekolah itu sendiri.
Menurut pemahaman saya sebagai masyarakat awam, sekolah gratis bukanlah
sebuah solusi,karena kata-kata gratis tidak tepat digunakan apabila solusi dari kegratisan itu toh masih di bebankan ke anggaran negara, memang masyarakat tidak membayar tapi toh negara yang terbebani. Kenapa sih tidak menggunakan istilah "sekolah murah". Sekolah murah bukan berarti murahan,tidak bermutu, tidak berkualitas, tapi dengan sekolah murah pemerintah bisa mendidik masyarakat untuk tidak manja, masih perlu usaha untuk dapat bersekolah.Sehingga tidak ada kekecewaan. Karena menurut pemikiran masyarakat kata-kata gratis itu berarti tidak membayar sama sekali, sementara kenyataan dilapangan masih ada uang untuk beli buku, beli seragam dan ini itu.
Menggunakan subsidi silang mungkin juga hal yang tepat. Sikaya yang mempunyai harta yang melimpah mungkin bisa melebihkan membayar uang sekolah untuk membantu siswa yang tidak mampu. Jangan didik masyarakat kita dengan kemanjaan, sekolah gratis... setelah tamat nanti tidak berkualitas, tidak berkompeten pemerintah akan salah lagi karena pengangguran dimana-mana. Mari kita didik diri kita, keluarga kita dan anak-anak kita untuk tidak manja, bahwa sebuah keberhasilan itu melalui proses yang panjang dan butuh perjuangan.Suatu saat akan menjadi cerita...dulu waktu saya sekolah orang tua saya berjuang untuk mampu menyekolahkan saya dan adik-adik,sehingga saya bisa begini dan begitu, karena uang sekolahnya mahal maka saya rajin belajar agar tidak mengecewakan orang tua saya...dan cerita itupun nanti bisa kita sampaikan ke anak cucu untuk menjadi semangat. Dari pada kita bercerita dulu saya sekolah tapi ortu tidak perlu berjuang karena sekolah gratis... ke sini gratis... ini itu gratis... hmmm...sekolah gratis...Solusikah atau masalah???

2 komentar:

rastafaria mengatakan...

Setuju banget bu Meike, benar apa kata Anda. Sesuatu yang gratis tidak selamanya baik. Alangkah baiknya 'gratis' diberikan kepada yang memang benar-benar butuh 'gratis'. Tidak dipukul rata. Coba perhatikan kondisi pendidikan kita sejak dikumandangkan kata 'gratis', bukannya lebih baik, tapi semakin buruk. Memang sih ada yang baik, tapi kebanyakan bilang 'tidak baik'.
jadi sekali lagi sekolah gratis akan bermakna jika tepat kepada siapa, dalam kondisi apa, dan untuk yang bagaimana. tidak semuanya harus gratis, sebab akibat lain dari gratis tidak mendidik tanggung jawab dan perjuangan. Ingat hidup penuh persaingan, jangan sampai "gratis" meninabobokan generasi. Teruskan perjuanganmu Bu

Meike mengatakan...

terima kasih atas komentarnya. salam kenal